Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 PALEMBANG

Anti, Novianti (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + lembar pengesahan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
a. Abstrak -indonesia.pdf

Download (124kB)
[img] Text
f. BAB I (1).pdf

Download (428kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-based Learning terhadap literasi numerasi siswa kelas IV SD Negeri 31 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian True Eksperimental Design Posttest Only Control Design. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, kelas V.A berjumlah 21 siswa dan kelas V.B berjumlah 21 siswa tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal essai berjumlah 5 soal. Instrumen tersebut bertujuan untuk mengetahui literasi numerasi kelas IV.B yang menggunakan model Problem-based Learning dan siswa kelas IV.A yang menggunakan model konvensional. Validitas instrumen tes diuji dengan rumus Pearson Product Moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan metode Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-test) , yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Nilai rata-rata posttest kelas eskperimen sebesar 85,35 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 77,25. Hasil uji-t diperoleh diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikan 0,000 <0,05 dan diperoleh nilai t_hitung=5.875 dimana t_tabel=1.679 dengan df=(n1+n2)-2 dimana n= 50 (jumlah sampel), jadi df=49. Sehingga dapat disimpulkan t_hitung=5.875 > t_tabel=1.679 maka berdasarkan pengujian hipotesis H_0 ditolak dan H_a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan literasi siswa yang menggunakan model Problem-based Learning dan mereka yang menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMasagus, FirdausNIDN0226098202
ContributorYunika Lestaria, NingsihNIDN0011068201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:51
Last Modified: 24 Jul 2024 03:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item