Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG

JUN, YEPRI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (235kB)
[img] Text
ABSTRAK - INDONESIA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode diskusi berbasis lesson study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang tahun pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 15 Palembang yang berjumlah 103 siswa. Sampel 68 siswa yang terdiri dari kelas X IPS 1(kelas eksperimen) dan kelas X IPS 2 (kelas kontrol). Metode penelitian yang digunakan, yaitu eksperimen design yaitu pengumpulan data dengan menggunakan persentase, sedangkan tes dianalisis dengan rata-rata dan selajutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan regresi liner sederhana dengan uji-t. Berdasarkan penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran metode diskusi berbasis lesson study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi , karena ada perubahan sebesar 9,11, sehingga hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran metode diskusi berbais lesson study adalah Y = 78,08 + 9,11X. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan t_hitung = 6,507 > t_(tabel )1,668, berarti tolak Ho dan Ha terima. Sehingga pembelajaran metode diskusi berbasis lesson study berpengaruh adalah 28,24% sedangkan sisanya 71,76% dari faktor lain dalam diri siswa. Kata kunci : Metode, Lesson Study. Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorHODSAY, ZAHRUDDINUNSPECIFIED
CollaboratorGUNAWAN, HENDRIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:52
Last Modified: 23 Jul 2024 03:52
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item