Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD

HASANAH, HASANAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (127kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Saptoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu one group pretest postets design. Dengan jumlah sampel yaitu seluruh kelas IV SD Negeri 1 Saptoharjo dengan jumlah 18 siswa, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling jenuh. Kemudian teknik pengumpulan data mengunakan teknik tes berupa 20 soal pilihan ganda. Selanjutnya data dianalisis mengunakan hipotesis uji-t berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata tes awal (pretest) 56,16 dengan kategori kurang dan rata-rata tes akhir (posttest) 82,27 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji-t ditemukan bahwa nilai t_(hitung )> t_(tabel ) atau 1,793 >1,740. Dengan demikian disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak atau adanya pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Saptoharjo.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:26
Last Modified: 19 Jul 2024 03:26
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item