Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ERA SOCIETY 5.0 DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Dika Amrina, Rosada (2023) ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ERA SOCIETY 5.0 DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan profil pelajar Pancasila pada Era Society 5.0 di Kelas 5 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan berupa Deskriptif Kualitatif dengan teknik analisis data Miles and Huberman dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Timbul Harjo Kec. Air Sugihan Kab.Ogan Komerng Ilir, dalam hal ini SD Negeri 1 Timbul Harjo telah menerapkan profil pelajar Pancasila sejak tahun 2021 lalu pada kelas 1,2,4, dan 5. Sumber data penelitian pada kelas 5 diketahui bahwa cara guru dalam menerapkan dari tiap tiap Dimensi Profil pelajar Pancasila pada Era Society 5.0 ini dengan menerapkan kegiatan yang mengandung dimensi Profil Pelajar Pancasila itu sendiri dengan berbantuan teknologi yang ada pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dimensi pertama Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa sudah baik, Kegiatan yang dilakukan ialah, pembacaan surah al qur’an disetiap masuk dan pulang sekolah. Dimensi kedua Berkebinekaan Global sudah baik, menyanyikan lagu wajib dan lagu daerah disetiap masuk dan pulang sekolah, memberikan pembelajaran pra karya dan seni kebudayaan. Dimensi ketiga Bernalar Kritis sudah baik, memberikan pertanyaan secara tiba tiba kepada peserta didik. Dimensi keempat Bergotong Royong sudah baik, membentuk kelompok belajar kecil guna membangun kerjasama antar peserta didik. Dimensi kelima Mandiri sudah baik dilakukan dengan tugas mandiri, dan dimensi keenam Kreatif sudah baik, dilakukan dengan mengolah limbah lingkungan. Untuk penggunaan teknologi guru menggunakan teknologi yang ada, yakni proyektor dan aplikasi quiizziz, Penerapan Profil Pelajar Pancasila pada kelas 5 di SD Negeri 1 Timbul Harjo dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiNIDN0001076301
ContributorMurjainah, MurjainahNIDN0218048502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:25
Last Modified: 19 Jul 2024 03:25
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item