Wati, Sri Caslidya (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V SDN Bangun Rejo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover dan Pengesahan.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Abstrak Indonesia.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
Crossword Puzzle (teka teki Silang) adalah permainan mengisi kolom-kolom yang kosong yang diawali pertanyaan-pertanyaan secara mendatar dan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar IPAS peserta didk kelas V SDN Bangun Rejo menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran IPAS di SDN Bangun Rejo. Hasil tes siswa yang menggunakan strategi Crossword Puzzle meningkat signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Analisis hipotesis juga mendukung temuan ini, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Crossword Puzzle, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 23 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:48 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |