Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMPN 52 PALEMBANG

ERDINAWATI, FITRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMPN 52 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 52 Palembang, khususnya dalam materi bangun datar. Berdasarkan hasil tes PISA 2022, siswa Indonesia menunjukkan skor rendah dalam matematika, dengan rata-rata 366, jauh di bawah rata-rata global 472. Penelitian sebelumnya juga mengindikasikan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih lemah, dengan hanya 3% siswa yang memiliki pemahaman sulit dan 87% pada tingkat mudah. Model pembelajaran konvensional yang digunakan saat ini kurang efektif, karena siswa lebih cenderung menghafal rumus daripada memahami konsep. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Model ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan pemahaman konsep siswa melalui aktivitas yang lebih praktis dalam merancang proyek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group, membandingkan model pembelajaran Project Based Learning dengan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang (2024/2025). Sampel penelitian terdiri atas dua kelas (kelas eksperimen dan kontrol) yang dipilih secara acak sederhana. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep matematika bangun datar yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney (SPSS versi 31) karena uji prasyarat tidak terpenuhi. Hasil post-test menunjukkan perbedaan signifikan (0,003 < 0,05), uji Mann-Whitney antara kedua metode, dengan PjBL menghasilkan rata-rata nilai 77.05 dan metode konvensional 65.13. Kata kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDESTINIAR, DESTINIARUNSPECIFIED
ContributorDWI NOPRIYANTI, TIKAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Repo User 112
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:08
Last Modified: 27 Aug 2025 02:08
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item