Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTEKTIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SDN 138 PALEMBANG

Devi, Nur Aini (2025) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTEKTIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SDN 138 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER D.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1 D.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAPUS D.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca siswa kelas 2 di SDN 138 Palembang. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas 2A. Penelitian dilakukan melalui pretest, pembelajaran menggunakan metode SAS, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 57,86 pada pretest menjadi 85,32 pada posttest. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data valid untuk dilanjutkan ke uji-t, yang menghasilkan Thitung = 17,978 > Ttabel = 1,721. Hasil ini menunjukkan bahwa metode SAS berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, khususnya dalam aspek kosakata, kelas kata, dan pemahaman makna bacaan. Temuan ini didukung oleh teori kognitif Vygotsky dan hasil penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMisdalina, MisdalinaUNSPECIFIED
ContributorMelinda, Puspita Sari JayaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 40
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:46
Last Modified: 27 Aug 2025 01:46
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item