Devi, Nur Aini (2025) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTEKTIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SDN 138 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER D.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB 1 D.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
DAPUS D.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca siswa kelas 2 di SDN 138 Palembang. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas 2A. Penelitian dilakukan melalui pretest, pembelajaran menggunakan metode SAS, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 57,86 pada pretest menjadi 85,32 pada posttest. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data valid untuk dilanjutkan ke uji-t, yang menghasilkan Thitung = 17,978 > Ttabel = 1,721. Hasil ini menunjukkan bahwa metode SAS berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, khususnya dalam aspek kosakata, kelas kata, dan pemahaman makna bacaan. Temuan ini didukung oleh teori kognitif Vygotsky dan hasil penelitian sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 40 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:46 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |