Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 02 PEMULUTAN SELATAN

Anggraini, Vera (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 02 PEMULUTAN SELATAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 02 Pemulutan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan eksperimen semu dalam bentuk design yaitu Non-Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu model pembelajaran technological pedagogical and content knowledge (TPACK), dan pada variabel terikat yaitu hasil belajar IPAS siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel jenuh pada SD negeri 02 Palembang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Hasil pengolahan data menunjukkan rata-rata posttest eksperimen 80,45 dan kelas kontrol 62,27. Pada pengujian uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 0,05 > 000, berdasarkan uji independent sampel t-test pada penelitian ini diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran TPACK dengan model pembelajaran konvesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLestari, HikmahUNSPECIFIED
ContributorPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:35
Last Modified: 21 Aug 2025 04:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3492

Actions (login required)

View Item View Item