Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB SISWA KELAS IV SD.

Rahmawati, Sri (2025) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB SISWA KELAS IV SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Materi Membangun Masyarakat Yang Beradab Siswa Kelas IV SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar IPAS pada materi membangun masyarakat yang beradab siswa kelas IV SD?. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi berbasis Powtoon dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 butir yang telah divalidasi.Tes ini digunakan sebagai instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Pretest diberikan kepada kedua kelompok untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum perlakuan. Setelah proses pembelajaran, posttest diberikan untuk mengukur perubahan hasil belajar setelah penggunaan media pembelajaran yang berbeda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis Powtoon berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Media ini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memudahkan pemahaman materi oleh siswa. Kata kunci: Media Video Animasi, Powtoon, Hasil Belajar, IPAS, Masyarakat Beradab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLanos, Muhsana El CintamiUNSPECIFIED
ContributorSuryani, IdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:20
Last Modified: 21 Aug 2025 04:20
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item