Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 55 PRABUMULIH

FIRDA, APRILIA (2024) EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 55 PRABUMULIH. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan berpikir kritis memalui model Project Based Learning (PjBL) dalam menyelesaikan soal matemtika kelas IV Di SD Negeri 55 Prabumulih. Jenis penelitian ini yaitu Posstest-Prettest Control Goup Design, Sedangkan untuk subjek penelitian adalah siswa kelas IV Di SD Negeri 55 Prabumulih, Kelas IV.A sebagai kelas Kontrol dan kelas IV.B sebagai kelas Eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi Project, Tes Uraian, dan Dokumentasi. Instrumen tes uraian berupa soal uraian berjumlah 5 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel T-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posstest yang di dapat dari hasil kemampuan berpikir kritis melalui model Project based Learning (PjBL) Dalam Menyelesaikan Soal Matematika aada kelas eksperimen adalah 79.58, dan untuk pembelajaran konvensional atau ceramah pada kelas kontrol adalah 68.03. dari pengujian hipotesis yang dieproleh thitung>ttabel (10.041 > 2.012) dengan taraf signifikansi 0.025 maka dapat dinyatakan H0 Ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis melalui model Project Based Learning (PjBL) efektif dalam menyelesaikan soal matematika kelas IV Di SD Negeri 55 Prabumulih tahun ajaran 2024.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYasir, ArafatNIDN0214067501
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:14
Last Modified: 22 Jul 2024 02:14
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item