Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V

Rosanti, Karina (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS dengan materi Organ Pencernaan Manusia di kelas V SD Negeri 123 Palembang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Negeri 123 Palembang yang berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, kelas yang terpilih secara teknik Simple Random Sampling atau secara acak kelas dalam penelitian ini yaitu kelas V.C sebagai kelas eksperimen dan V.D sebagai kelas kontrol sebanyak 67 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay sejumlah 10 butir soal. Soal yang diuji coba sudah di uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test, yang sebelumnya sudah melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen adalah 81,73 (kategori sangat baik), sedangkan pada kelas kontrol adalah 70,37 (kategori baik). Pengujian hipotesis menunjukkan t hitung = 3,362 > t tabel = 2,001 pada taraf signifikan 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaUNSPECIFIED
ContributorGunawan, HendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 39
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:16
Last Modified: 07 Aug 2025 04:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item