Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 110 PALEMBANG

AULIAH, MUTIARA AINI (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 110 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (79kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran index card match dalam membedakan fakta dan opini pada siswa kelas IV di SD Negeri 110 Palembang. Model pembelajaran Index Card Match adalah model pembelajaran aktif yang menggunakan kartu indeks (Index Card) untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi experimental yang merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Design ini ialah sebuah metode yang memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variable-varieble luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.B yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas IV.C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dilihat bahwa nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 73 lebih besar dari hasil posttest kelas kontrol yaitu 66,83. Selanjutnya dalam pengujian hipotesis dengan uji t hasil yang diperoleh bahwa nilai t = 41,068 dengan df = 59 dan angka sig. Atau p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran index card match dengan tidak menggunakan model pembelajaran index card match dalam membedakan fakta dan opini pada siswa kelas IV di SD Negeri 110 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJaya, AswadiUNSPECIFIED
ContributorPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 18
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:43
Last Modified: 16 Jul 2025 03:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item