Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 19 PALEMBANG

Indy Deraya, Ajiba (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 19 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER+Lembar Pengesahan.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen dalam bentuk Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 56 orang. Penentuan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terdapat 2 kelas yakni V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Bentuk teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Pada observasi diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 87,05% dengan kriteria baik dan rata-rata nilai guru sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik melalui uji hipotesis N-Gain dan uji N-Gain. Uji hipotesis N-Gain menggunakan uji Independent Sample T-Test yang diperoleh t_hitung = 2.924 dan t_tabel = 2.004 dan nilai signifikan 2 tailed sebesar 0.005. Dengan demikian, hasil uji T menunjukkan bahwa 2.924 > 2.004 dan nilai signifikan 0.005 (<0,05) maka disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Sementara dilihat dari nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,6573 atau 66% dalam kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol sebesar 0,4181 atau 42%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 19 Palembang yaitu cukup efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN0022087601
ContributorDina Sri, NindiatiNIDN0213017102
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:53
Last Modified: 22 Jul 2024 01:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item