Indy Deraya, Ajiba (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 19 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
|
Text
COVER+Lembar Pengesahan.pdf Download (83kB) |
|
|
Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf Download (134kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen dalam bentuk Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 56 orang. Penentuan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terdapat 2 kelas yakni V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Bentuk teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Pada observasi diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 87,05% dengan kriteria baik dan rata-rata nilai guru sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik melalui uji hipotesis N-Gain dan uji N-Gain. Uji hipotesis N-Gain menggunakan uji Independent Sample T-Test yang diperoleh t_hitung = 2.924 dan t_tabel = 2.004 dan nilai signifikan 2 tailed sebesar 0.005. Dengan demikian, hasil uji T menunjukkan bahwa 2.924 > 2.004 dan nilai signifikan 0.005 (<0,05) maka disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Sementara dilihat dari nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,6573 atau 66% dalam kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol sebesar 0,4181 atau 42%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 19 Palembang yaitu cukup efektif.
| Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
|||||||||
| Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
| Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
| Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:53 | |||||||||
| Last Modified: | 22 Jul 2024 01:53 | |||||||||
| URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
