Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 10 BANYUASIN 1

Rahmawati, Rahmawati (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 10 BANYUASIN 1. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (404kB)
[img] Text
ABSTRAK - Indonesiaa.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas II dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi soal cerita perkalian di SD Negeri 10 Banyuasin 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas II dan seorang guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 siswa, 10 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi kategori tinggi, 3 siswa kategori sedang, dan 12 siswa kategori rendah. Ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi soal cerita, menentukan simbol operasi matematika yang tepat, dan menyelesaikan perhitungan perkalian secara benar. Faktor utama kesulitan tersebut adalah kemampuan membaca yang rendah dan kurangnya pemahaman konsep dasar perkalian. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan visual dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHermansah, BambangNIDN0223066602
ContributorAyu, Imelda RatihNIDN0226097702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: User Repo 02
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:34
Last Modified: 16 Jul 2025 02:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item