Malasari, Putri (2025) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 231 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah kurang aktifnya peserta didik di kelas dalam pembelajaran Matematika sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil belajar matematika kelas II di SD Negeri 231 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian ini deskriftif kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest Only Control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II berjumlah 82 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah dengan melalui metode tes. Adapun Tes yang digunakan pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal yang diberikan pada saat posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan analisis data tes siswa diperoleh nilai rata-rata tes akhir sebesar 74,44. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil nilai t_hitung = 2,054 dengan t_tabel = 1,675 maka t_hitung = 2,054 > t_tabel = 1,675 sig (2 tailed.) = 0,045 < α yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 38 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:50 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |