Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS MODEL SELF-DIRECTED LEARNING BERBANTUAN ESSEMBLER EDU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II

ARYANI, MAIZA (2025) ANALISIS MODEL SELF-DIRECTED LEARNING BERBANTUAN ESSEMBLER EDU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER .pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Self-Directed Learning berbantuan Essembler Edu pada pembelajaran PKN dikelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II.A sebanyak 26 orang dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Self-Directed Learning berbantuan Essembler Edu memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif, mandiri, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran PKn. Selain itu, guru dan kepala sekolah memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model dan media Essembler Edu. Penelitian ini juga diperkuat oleh temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kemandirian dan teknologi mampu meningkatkan pemahaman konsep serta partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: self-directed learning, Essembler Edu, pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHATIM, MAGDADUNSPECIFIED
ContributorSURYANI, IDAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:44
Last Modified: 15 Jul 2025 07:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item