Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING BERBANTU GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SDN 68 PALEMBANG

Adinda, Resti Yenti Adinda (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING BERBANTU GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SDN 68 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Salin-cover (1).pdf

Download (271kB)
[img] Text
ABSTRAK .INDO RESTI (1).pdf

Download (95kB)
[img] Text
Salin1-BAB 1 RESTI (1).pdf

Download (172kB)
[img] Text
Salin-DAFTAR PUSTAKA RESTI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Hasil belajar siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran IPAS masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan oleh pembelajaran yang belum memberikan perhatian pada perbedaan kemampuan siswa dan kurangnya penggunaan media interaktif. Model Mastery Learning yang menekankan penguasaan materi secara menyeluruh melalui bantuan dan waktu belajar yang sesuai, serta pemanfaatan media Genially yang bersifat visual dan interaktif, diduga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model Mastery Learning berbantu Genially terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III di SD Negeri 68 Palembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain posttest only control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan Mastery Learning berbantu Genially dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,5 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 58,75. Persentase kategori “sangat mampu” di kelas eksperimen mencapai 75%, sedangkan di kelas kontrol hanya 20,8%. Uji-t menunjukkan thitung = 5,653 > ttabel = 1,682 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model Mastery Learning berbantu Genially berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Pendekatan ini efektif karena memberikan pembelajaran yang adaptif dan menarik secara visual. Kata kunci: Genially, Hasil Belajar, Mastery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
ContributorEfriyadi, EfriyadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:43
Last Modified: 15 Jul 2025 07:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item