DIAN, PRAMUDITASARI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN UTANG (ULAR TANGGA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 96 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (34kB) |
|
Text
a. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (116kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (428kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media permainan UTANG (ular tangga) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 96 Palembang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan teknik sampel sensus yaitu, siswa kelas V A dan V B di SD Negeri 96 Palembang. Penelitian ini menggunkan metode penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen 87,85 dan kelas kontrol 76,42. Hasil perhitungan diperoleh t_hitung = 3,678 dan t_tabel = 1,706 dengan taraf signifikan = 0,05. Berarti t_hitung>t_tabel, maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_aditerima. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media permainan UTANG (ular tangga) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 96 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:49 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:49 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/310 |
Actions (login required)
View Item |