Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GENDER SISWA SD NEGERI 160 PALEMBANG

Tahnia, Yesi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GENDER SISWA SD NEGERI 160 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover .pdf

Download (39kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar berdasarkan gender. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode eksperimen dengan desain posstes-only control group desain. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua kelas IV di SD Negeri 160 Palembang, yaitu kelas eksperimen yang diberikan dengan model pembelajaran make a match dan kelas kontrol dengan pembelajaran yang konvesional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. hasil analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikr kritis matematis siswa; (2) tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan gender siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran make a mach dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: make a match, gender, berpikir kritis matematis, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKesumawati, NilaUNSPECIFIED
ContributorDhony, Nugroho Notosutanto ArhonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:25
Last Modified: 15 Jul 2025 03:25
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item View Item