Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Sundari, Refi (2025) PENGARUH METODE STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER REFI SUNDARI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ABSTRAK REFI SUNDARI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I REFI SUNDARI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REFI SUNDARI.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eskperimen yaitu True Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian yaitu kelas seluruh kelas V di SD N 98 Palembang yang berjumlah 86 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa. Pemilihan sample menggunakan sampel metode Simple Random Sampling dan sampel terbagi menjadi 2 yaitu sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode storytelling berbantuan media digital interaktif, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa . Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi membaca dan dokumentasi. Instrument yang digunakan sudah mememuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Uji hipotesis yang digunakan yaitu independent simple t-test dengan syarat data harus memenuhi uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh terhadap metode storytelling berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Storytelling, Digital Interakif, Kemampuan Literasi Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaUNSPECIFIED
ContributorPratama, AldoraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 15
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:08
Last Modified: 15 Jul 2025 02:08
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item