Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE SERVICE LEARNING TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA SD ISLAM TERPADU KAMILIYAH

Rifka Ananda, Alia (2025) PENGARUH METODE SERVICE LEARNING TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA SD ISLAM TERPADU KAMILIYAH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER ALIA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
ABSTRAK ALIA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I ALIA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ALIA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode service learning terhadap sikap kepedulian lingkungan siswa SD Islam Terpadu Kamiliyah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IV pada sekolah tersebut yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data dilakukan melalui serangkaian uji statistik yang mencakup uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa data memenuhi syarat untuk dilakukan pengujian lanjut. Uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan sikap kepedulian lingkungan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode service learning dan siswa yang tidak mengikutinya. Temuan ini memperkuat bahwa penerapan metode service learning mampu meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa secara nyata. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode service learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan sikap kepedulian lingkungan siswa SD Islam Terpadu Kamiliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBambang, HermansahUNSPECIFIED
ContributorMega Kusuma, PutriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 23
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:08
Last Modified: 15 Jul 2025 02:08
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item