Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 DABUK REJO

Devi, Trinita (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 DABUK REJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI DEVI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK BHS INDO.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1 DEVI.pdf

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga siswa kurang aktif dan cepat merasa bosan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar negeri yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CRH dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaUNSPECIFIED
ContributorMega Kusuma, PutriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 03
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:05
Last Modified: 15 Jul 2025 02:05
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item