Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Sepeda Motor Siswa SMK Negeri 1 Rambutan

SUGANDI, AHMAD (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Sepeda Motor Siswa SMK Negeri 1 Rambutan. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB l.pdf

Download (480kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (472kB)

Abstract

Pendidikan kejuruan di Indonesia, khususnya pada program keahlian Teknik Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), memiliki peran penting dalam menyiapkan tenaga kerja terampil yang siap bersaing di dunia industri. Salah satu kompetensi utama yang diajarkan adalah kelistrikan sepeda motor, yang membutuhkan pemahaman teoretis dan keterampilan praktis yang baik. Namun, hasil belajar siswa pada materi ini seringkali belum mencapai target yang diharapkan. Penelitian di lakukan di SMK Negeri 1 Rambutan Penelitian ini menggunakan metode One Group Pretest-Posttest untuk mengukur dampak penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang menguji materi kelistrikan sepeda motor. Hasil analisis menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 65,64 pada pretest menjadi 80,18 pada posttest. Uji normalitas data menunjukkan nilai signifikansi masing-masing 0,083 (pretest) dan 0,115 (posttest), yang berarti data berdistribusi normal pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, penerapan model CTL terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain meningkatkan pemahaman materi dan kemampuan menyelesaikan tes, model ini juga mendorong kemampuan berpikir kritis, keaktifan dalam pembelajaran, serta kemampuan siswa mengaplikasikan pengetahuan ke kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Contextual teaching and learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContractorHAKIM, LUKMANNIDN0022087601
ContributorSEPTEIYAWAN ABDULLAH, BZNIDN0228089501
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif
Depositing User: Repo User 86
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:59
Last Modified: 12 Jul 2025 04:59
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item