Maharani, Maharani (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SDN 165 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa kelas II SD, khususnya pada materi berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media congklak terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 165 Palembang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas II A dan II B, kelas eksperimen II B yang menggunakan media congklak dan kelas kontrol II A dengan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Pengujian hipotesis yang dihasilkan yaitu Nilai Signifikan (2-tailed) = 0,005 dan T = 3.084 karena nilai signifikan (2-tailed) 0,005 < 0,025 maka dapat disimpulkan H_(a )diterima dan H_o ditolak. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan berhitung antara kedua kelas, dengan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi. Dengan demikian, penggunaan media congklak berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung siswa. Dapat disimpulkan terdapat Pengaruh penggunaan media congklak terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 165 Palembang. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Media Congklak
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 25 | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2025 04:53 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2025 04:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |