Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 PALEMBANG

Sari, Putri Ramanda (2025) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover Skripsii.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Abstrak Indo.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif eksperimen dengan one desain pretest dan posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 08 Palembang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji paried sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari metode SQ3R. Hasil ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 81,69 dengan katagore baik. Dan berdasarkan hasil hitung uji-t (paried sampel t-test) didapatkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikan (probabilitas) lebih kecil dari 0,05, maka hasil uji t paired samples test menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata Kunci: Metode SQ3R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAkhbar, M. TaheriUNSPECIFIED
ContributorHermansah, BambangUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 60
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:51
Last Modified: 12 Jul 2025 02:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item