Sari, Putri Ramanda (2025) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover Skripsii.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
Abstrak Indo.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif eksperimen dengan one desain pretest dan posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 08 Palembang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji paried sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari metode SQ3R. Hasil ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 81,69 dengan katagore baik. Dan berdasarkan hasil hitung uji-t (paried sampel t-test) didapatkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikan (probabilitas) lebih kecil dari 0,05, maka hasil uji t paired samples test menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata Kunci: Metode SQ3R
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 60 | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2025 02:51 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2025 02:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |