Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI RANTAI MAKANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yesi, Malinda (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI RANTAI MAKANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
a. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (70kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan diorama terhadap hasil belajar rantai makanan pada siswa sekolah dasar. Metode kuantitatif tipe quasi eksperimen, nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN 21 Palembang. Sampel kelas Va dan Vb berjumlah 23 siswa per kelas. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil instrumen tes sebanyak 20 soal semuanya valid dan rata-rata aktivitas guru sebesar 93,6% dan aktivitas siswa sebesar 93,7%. Hasil uji one sample menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 54,349 > 1,680 dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Hawas diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media diorama terhadap hasil belajar materi rantai makanan siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN0022087601
ContributorAldora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:36
Last Modified: 22 Jul 2024 01:36
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item