Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR

Gustihana, Nur Anisa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER NAG.pdf

Download (399kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO (NAG).pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB 1 (NAG).pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAPUS (NAG).pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pelajaran Matematika kelas II Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, yang disebabkan oleh masih dominannya penggunaan metode pembelajaran konvensional di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif berdasarkan indikator Torrance yang meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 77,15, sedangkan kelas kontrol sebesar 57,70. Hasil uji-t independen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 5,335 > ttabel = 1,703 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, model PjBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Matematika. Kata kunci: Project Based Learning, Berpikir Kreatif, Matematika, Siswa SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRetta, Allen MargaUNSPECIFIED
ContributorAyurachmawati, PujiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:29
Last Modified: 11 Jul 2025 02:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item