Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 110 PALEMBANG

DEACIKA DESTARI, ALMIRA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 110 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf

Download (225kB)

Abstract

Keterampilan menulis adalah kemampuan menyampaikan ide, informasi, atau perasaan secara jelas dan terstruktur melalui tulisan. Rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan rendahnya keterampilan menulis teks narasi. Kesulitan menentukan ide, kurang motivasi, dan tidak terbiasa menceritakan pengalaman menjadi penyebabnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran self-directed learning (SDL) terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri 110 Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Model self-directed learning (SDL) melibatkan siswa sebagai pengambil peran utama, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan Posttest Only Control Design. Sampel terdiri dari kelas IV A kontrol dan IV C eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 78,23, sedangkan kelas kontrol 48,51. Nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan, model self-directed learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis narasi dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Self-Directed Learning (SDL), Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHermansyah, HermansyahUNSPECIFIED
ContributorPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 28
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:31
Last Modified: 10 Jul 2025 03:31
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item View Item