Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

DESAIN DIDAKTIS BILANGAN DESIMAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 LAIS

Mitria, Mitria (2025) DESAIN DIDAKTIS BILANGAN DESIMAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 LAIS. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan blangan desimal. Hal ini juga didukung dari hasil wawancara dan analisis dari buku teksdimana didapat, penyebab kesulitan ini terjadi dikarenakan siswa belum sepenuhnya memahami konsep bilangan desimal dan terdapat kekurangan pada modul ajarnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat desain pembelajaran pada materi bilangan desimal sehingga mampu mengatasi Learning Obstacle yang terjadi pada siswa kelasIV SD Negeri 2 Lais. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Didactical Design Research (DDR) yang mencakup tiga tahapan, yaitu analisis prosfektif, metapedadidaktik dan retrosfektif. Berdasarkan hasil analisis prosfektif ditemukannya LO pada siswa yaitu siswa kesulitan dalam menuliskan bilangan desimal, siswa kesulitan menentukan tempat bilangan desimal, siswa kesulitann menyelesaikan hasil penambahan dan pengurangan bilangan desimal. Berdasarkan hasil temuan LO tersebut maka disusunlah Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang kemudian dirancang desain didaktis pada materi bilangan desimal. Selanjutnya pada tahap metapedadidaktik peneliti mengimplementasikan desain didaktis yang telah dirancang dan melakukan tes identifikasi akhir kepada siswa. Tahap terakhir retrosfektif yaitu peneliti melakukan analisis terhadap hasil tes identifikasi akhir, dimana hasil tes identifikasi akhir tersebut mengalami penurunan pada LO sehingga dapat disimpulkan dengan penerapan desain didaktis maka dapat mengatasi hambatan yang terjadi pada siswa pada materi bilangan desimal. Kata kunci: Desain Didaktis; Bilangan Desimal; Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFuahdiah, Nyiayu FahrizaNIDN0010097501
ContributorNingsih, Yunika LestariaNIDN0011068201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 100
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:13
Last Modified: 09 Jul 2025 07:13
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item