Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA PADA KELAS V SDN 19 PALEMBANG

VEBRIESCA SALWADINI, FEBUAR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA PADA KELAS V SDN 19 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
A. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Hasil belajar yang rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang pasif karena belum diterapkannya model pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar keberagaman sosial budaya pada kelas V SDN 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Populasi yang diambil adalah 44 siswa kelas V SDN 19 Palembang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu kelas VA sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol dan VB sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan uji validitas product moment dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunaakan uji prasayarat yakni uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar keberagaman sosial budaya terlihat dari hasil uji hipotesis berupa nilai signifikansi 0,000<0,05 dan thitung 5,574>1,681 yang berarti Ho ditolak Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatiif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar keberagaman soasial budaya pada kelas V SDN 19 Palembang. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT telah terbukti memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan proses pembelajaran menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYasir, ArafatNIDN0214067501
ContributorEni, HeldayaniNIDN0213068901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:33
Last Modified: 22 Jul 2024 01:33
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item