Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM SEESAW TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA KELAS IV SD

YANI, SETIYAWATI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM SEESAW TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA KELAS IV SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER-YANI SETIYAWATI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK-YANI SETIYAWATI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I-YANI SETIYAWATI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-YANI SETIYAWATI.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform Seesaw dapat memengaruhi literasi digital siswa kelas IV di SD Negeri 34 Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan literasi digital siswa serta kurang optimalnya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Platform Seesaw dipilih karena menyediakan fitur pembelajaran berbasis portofolio digital yang mendukung keterlibatan aktif antara guru, peserta didik, dan orang tua. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pengujian pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 29 siswa. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran menggunakan Seesaw, sedangkan kelompok kontrol tetap menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda untuk menilai tingkat literasi digital sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor literasi digital pada kelas eksperimen dari nilai rata-rata 58,97 menjadi 76,55, sementara pada kelas kontrol meningkat dari 53,45 menjadi 65,52. Uji hipotesis dengan Independent Sample t-Test menghasilkan nilai thitung sebesar 7,588 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Seesaw dan peningkatan literasi digital siswa. Selain itu, pembelajaran menggunakan Seesaw dinilai lebih menarik dan interaktif, sehingga mendorong keterlibatan dan pemahaman siswa yang lebih baik terhadap materi pelajaran. Kata kunci : Literasi Digital, Platform Seesaw, Pembelajaran Digital, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMURJAINAH, MURJAINAHUNSPECIFIED
ContributorAAN, SURIADIUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 30
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:22
Last Modified: 05 Jul 2025 03:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item