Ulan Puspita, Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 08 TALANG KELAPA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (101kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (63kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dan disposisi matematis siswa SDN 08 Talang Kelapa. Metode penelitian ini menggunakan metode true-experimental desaign dengan memakai posttest-only control design. Populasi yaitu siswa kelas III SD Negeri 08 talang Kelapa berjumlah 83 orang. Populasi dilanjutkan dengan pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, didapat 57 orang, yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas III C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data diambil dengan memberikan tes berfikir kritis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dan disposisi matematis. Terdapat hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:32 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |