Kesuma, Rama Medi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover rama.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (204kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD menunjukkan perlunya inovasi dalam model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Index Card Match merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu True Exsperimen Design. Dengan bentuk desain Postest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V.B dan V.D yang berjumlah 61 siswa, diambil teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan peneliti ini dengan menggunakan Uji Independent Sampel T-Test dan diperoleh t hitung = 7,217 dengan nilai t tabel = 1,671 dengan taraf signifikan 0.05. Dengan demikian setelah melihat hasil uji-t, maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai t hitung > t tabel (7,217 >1,671). Dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Kata Kunci: Index Card Match, IPAS, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 27 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:57 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |