Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PAHLAWAN NASIONAL SISWA KELAS IV SD

Mukminah, Ikhsanti (2025) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PAHLAWAN NASIONAL SISWA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif dan menarik dalam implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pendidikan Pancasila yang memuat nilai-nilai Pancasila dan karakter kebhinekaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif terhadap pemahaman materi pahlawan nasional siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan video interaktif dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan media gambar dan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan melalui uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,025 serta uji paired sample t-test pada kelas eksperimen yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest (sig. 0,000 < 0,025). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video interaktif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman materi pahlawan nasional siswa kelas IV SD. Media video interaktif terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperjelas konsep, dan mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam menumbuhkan karakter berkebhinekaan global. Kata Kunci: Video Interaktif, Pemahaman Kognitif, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNuranisa, NuranisaUNSPECIFIED
ContributorBudi Laksana, RobertUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 125
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:49
Last Modified: 03 Jul 2025 06:49
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item