Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR DI SD NEGERI 30 PALEMBANG

IMELDA, IMELDA (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR DI SD NEGERI 30 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
cover imel.pdf

Download (66kB)
[img] Text
a._ABSTRAK_-_Indonesia[1] imelda.pdf

Download (89kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Bangun Datar SD Negeri 30 Palembang, dan 2) Respon siswa dalam pembelajaran materi Bangun Datar setelah diterapkanya Model Problem Based Learning di SD Negeri 30 Palembang. Pada pembelajaran materi bangun datar di SD Negeri 30 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SD Negeri 30 Palembang dengan subjek penelitian kelas VB yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunkan purposive sampling,karena seluruh popolasi dijadikan sampel penelitian. Rancangan perlakuan yang digunakan peneliti, yaitu tahap pemberian perlakuan dan tahap pemberian tes akhir (posttest). Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu teknik analisis data tes, teknik analisis angket respon, dan teknik analisis keefektifan penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar rata -rata sebesar 86,00 dan angket respon dengan nilai rata- rata 3,789, termasuk dalam kategori sangat Baik. Sehingga dari hasil perlakuaan hingga tes akhir (posstest) yang telah di dapatkan oleh peneliti maka dapat di simpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkanya model pembelajaran problem based learning dalam menyeleaikan soal matematika materi bangun datar kelas V SD Negeri 30 palembang yang termasuk dalam kategori sangat Baik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Bangun Datar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorOCTARIA, DINAUNSPECIFIED
ContributorNINGSIH, YUNIKA LESTARIAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:35
Last Modified: 03 Jul 2025 06:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item