Sutrisna, Dadang (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 72 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover skripsi.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-Indonesia.docx Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SD Negeri 72 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan soal berupa tes. Dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling pada SD Negeri 72 Palembang. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas , dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 82,9% dan kontrol 68,4%. Berdasarkan kesimpulan diatas maka hasil analisis uji independent sample t-test menunjukkan perolehan nilai signifikan sebesar 0.000 dengan nilai α = 0,05 sehingga 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Smart Box dengan model pembelajaran konvesional. Kata kunci : Media pembelajaran, Smart Box, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 12 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:17 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |