Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PANTUN

OKTAVIANINGSIH, MARGARETA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PANTUN. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
D. COVER & PENGESAHAN (3)-1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
abstrak margareta.pdf

Download (123kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang serta cara atau kegiatan dimana penulis dapat menyampaikan dan mengutarakan ide, gagasan, pikiran, yang akan penulis sampaikan melalui tulisan yang diketik atau ditulis secara langsung, sehingga pembacanya dapat mengetahui maksud dan tujuan dari kalimat yang ditulis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media Big Book terhadap keterampilan menulis kreatif pantun. Metode yang gunakan metode penelitian eksperimen (metode kuantitatif) dengan desain penelitian true experimental design dalam bentuk posttest only control design. Terdapat dua variabel yaitu variabel X (Model Think Talk Write Berbantuan Media Big Book) dan variabel Y (Keterampilan Menulis Pantun). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101 Palembang yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal essay. Instrumen untuk mengukur keterampilan menulis kreatif pantun menggunakan Posttest yang berbentuk soal tes essay. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t (Independent sample t-test) setelah dilakukannya uji normalitas dan homogenitas. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 58,50 dan posttest kelas eksperimen sebesar 73,07 dengan nilai sig 2-tailed 0,025 < 0,050, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media Big Book terhadap keterampilan menulis kreatif pantun siswa kelas V SD Negeri 101 Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write, Media Big Book, Keterampilan Menulis, Pantun.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWARDIAH, DESSYUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPRATAMA, ALDORAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:31
Last Modified: 03 Jul 2025 01:31
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item