Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SDN 006 PALEMBANG

Syafira, Asyhari (2024) PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SDN 006 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (43kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (129kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan kurangnya semangat belajar, sehingga menyebabkan hasıl belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh media game edukasi terhadap hasil belajar siswa. Metode pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis penelitian True Experimental Design yang berbentuk Desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 006 Palembang, dengan sampelnya terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa diukur melalui tes objektif pilihan ganda posttest. Validitas instrumen tes dinilai melalui korelasi Product Moment. Selain itu, reliabilitas instrumen diuji menggunakan metode Cronbach's Alpha. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,2, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 70,4. Hasil uji t adalah 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,572 > ttabel = 2, 073 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 006 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 sangat dipengaruhi oleh penggunaan game edukasi wordwall.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorEka Fitri Puspa, SariNIDN0212058601
ContributorImelda Ratih, AyuNIDN0226097702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:27
Last Modified: 22 Jul 2024 01:27
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item