Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD BERDASARKAN LANGKAH POLYA MATERI VOLUME BANGUN RUANG

SITI, ESYIYANA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD BERDASARKAN LANGKAH POLYA MATERI VOLUME BANGUN RUANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. Cover dan Pengesahan.pdf

Download (69kB)
[img] Text
1. Abstrak.pdf

Download (80kB)
[img] Text
6. Bab 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diantaranya untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah dan mengetahui persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar berdasarkan langkah Polya pada materi volume bangun ruang. Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 230 Palembang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari tes uraian sebanyak 5 butir tentang materi volume bangun ruang kubus dan balok, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa langkah pemecahan masalah Polya terdiri dari 4 tahapan yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Pada tahap memahai masalah memperoleh skor sebesar 275 dengan persentase 63 % yang berada kategori tinggi. Pada tahap kedua yakni membuat rencana penyelesaian memperoleh skor sebesar 253 dengan persentase 58 % yang berada pada kategori sedang. Selanjutnya pada tahap melaksanakan rencana memperoleh skor sebesar 235 dengan persentase 54 % yang berada pada kategori sedang, dan pada tahap melihat kembali memperoleh skor sebesar 82 dengan persentase 29 % yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dinyatakan bahwa siswa kelas V SDN 230 Palembang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang beragam. Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya struktur masalah yang berbeda, rendahnya kemampuan siswa dalam berhitung, kurangnya latihan, dan ketidaktelitian siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBambang, JermansahNIDN0223068682
ContributorImelda Ratih, AyuNIDN0226097702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:51
Last Modified: 19 Jul 2024 08:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item