Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN 232 PALEMBANG

Seftriana, Rahmalia (2024) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN 232 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d.Cover +Lembar Pengesahan.pdf

Download (66kB)
[img] Text
a. Abstrak Indonesia.pdf

Download (117kB)
[img] Text
f.BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika ini membutuhkan model pembelajaran yang kontekstual dimana anak usia sekolah dasar belajar dengan benda yang konkret. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Model Active Learning tipe Card Sort terhadap hasil belajar Matematika kelas III SDN 232 Palembang. Metode penelitian yang digunakan Metode Kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini dengan True Eksperimental design dengan rencana penelitian Posttest Only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 232 palembang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III.B dengan jumlah peserta didik 22 siswa sebagai kelas Kontrol dan kelas III.C dengan jumlah peserta didik 22 siswa sebagai kelas Eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah Tes dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Uji Independent simple t-test. Pada hasil Posttest kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan model pembelajaran Active learning tipe Card Sort, Analisis data yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi setelah melakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Model Active Learning tipe Card Sort terhadap hasil belajar Matematika kelas III SDN 232 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
ContributorDIan, NuzuliaNIDN0214058701
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:49
Last Modified: 19 Jul 2024 08:49
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item