Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Salfira Dwi, Damayanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (132kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (127kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum menulis karangan sesuai dengan kaidah bahasa yang baik, kemudian siswa tidak terlibat aktif dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TTW (X) dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Kamiliyah Palembang yang berjumlah 25 siswa. Sampel penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas empat, dengan total 25 anak. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Instrumen untuk menilai kemampuan menulis menggunakan lembar soal subjektif dalam bentuk tes esai. Teknik analisis data menggunakan uji t (Paired Sample T-Test) setelah data menunjukkan normalitas dan homogenitas. Hasil posttest = 83,44 > pretest = 61,86 menunjukkan adanya perubahan keterampilan menulis siswa secara signifikan. Pada hasil uji-t (0,000 < 0,05, thitung = 14.257 dan nilai ttabel = 1,713) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV pada materi teks narasi di SDIT Kamiliyah Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMasagus, FirdausNIDN0226098202
ContributorEtty, PratiwiNIDN0220038803
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:46
Last Modified: 19 Jul 2024 08:46
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item