Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS V SDN 43 PALEMBANG

RANI, RANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS V SDN 43 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK - Indonesia (Doc).pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap sikap toleransi siswa kelas V SDN 43 Palembang, penelitian ini berjenis penelitian ekperimen, desain pada penelitian ini yaitu, True Eksperimental yaitu posttest-Only Control Design. Peneliti menggunakan teknik analisis data adalah uji statistik dengan uji t independent. Sebelum dilakukan uji t terlebih dulu dilakukan uji normalitas serta uji homogenitas terhadap sebaran data, pengujian data ini seluruhnya menggunkan software SPSS versi 25. Didapatkan hasil penelitian bahwa dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap sikap toleransi siswa kelas V SDN 43 Palembang. Hal ini terbukti dilihat dari hasil dari penelitian yang menunjukkan nilai 3.947 ≥ 1.689, serta capaian hasil belajar rata rata antara siswa kelas kontrol dengan eksperimen berbeda secara signifikan, dengan capaian rata rata kelas eksperimen sebesar 82,37yang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 66,00.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
ContributorErfan, RamadhaniNIDN0218039201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:39
Last Modified: 19 Jul 2024 08:39
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item