Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 228 PALEMBANG

Piqi, Wasilaturrohmah (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 228 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. Cover-Lembar Pengesahan.pdf

Download (318kB)
[img] Text
A. Abstrak indo.pdf

Download (115kB)
[img] Text
F. BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Dasar Negeri 228 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan memakai Posttest-0nly Control Group Design. Populasi yaitu siswa kelas III SD Negeri 228 Palembang berjumlah 69 orang. Populasi dilanjutkan dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling, didapat 46 orang, yaitu kelas III. B sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas III. C menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data diambil menggunakan uji MANOVA dan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis. Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:33
Last Modified: 19 Jul 2024 08:33
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item