Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SETIA DARMA PALEMBANG

INTAN PUTRI, KANIA (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SETIA DARMA PALEMBANG. skripsi thesis, Univ.PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + Lembar pengesahan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh Metode Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Setia Darma Palembang tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penerapan metode pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Setia Darma Palembang Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Setia Darma Palembang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI 2. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Setia Darma Palembang tahun pelajaran 2024/2025. Hasil ini dibuktikan dengan taraf signifikan tt 5% < t0 > tt 1% atau 2,03 < 6,48 > 2,72. Dan nilai rata-rata hasil pretest kelas XI 2 sebanyak 5,86. Sedangkan pada nilai rata-rata hasil posttest kelas XI 2 mengalami peningkatan sebanyak 7,61. Serta, Hasil pengamatan pada kelas XI 2 menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase pertemuan ke 1 (42,8%) dan pertemuan ke 2 (78,5%) dimana hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran artikulasi berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorARADEA, RISWANUNSPECIFIED
CollaboratorM. TOYIB, M. TOYIBUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:51
Last Modified: 28 Apr 2025 06:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item