Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SD

NAZZA QONITA, UTAMI (2024) PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
K. Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

Siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret, dimana siswa dapat memahami hal abstrak melalui benda konkret. Salah satu model pembelajaran yang berdasarkan pendekatan realistic adalah RME (Realistik Matematika Education). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RME (Realistik Matematika Education) berbatuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berupa true-experimental dengan post-test only control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 139 Palembang dengan objek penelitian yaitu siswa kelas II.B sebagai kelas eskperimen dan II.C sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test. Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model RME (Realistic Matematic education) berbantuan media konkret terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test untuk hasil belajar matematika yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) (0,000) ≤ α (0,05). Berdasarkan kriteria keputusan, maka H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga terbukti bahwa model RME (Realistic Matematic education) berbatuan media konkret pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Juliansyah, PutraNIDN8855480018
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:30
Last Modified: 19 Jul 2024 08:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item