Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE BERCERITA PENGALAMAN YANG MENGESANKAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 93 PALEMBANG

MUHAMAD, IBRAHIM (2024) PENGARUH METODE BERCERITA PENGALAMAN YANG MENGESANKAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 93 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover ^M Lembar Pengesahan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (56kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita pengalaman yang mengesankan terhadap keterampilan berbicra siswa kelas III. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 93 Palembang pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian yaitu True Eksperimen dengan posttets only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 93 Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terbagi menjadi dua kelas III.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas III.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah obsevasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata (posttest) kelas Eksperimen 86.46 dan kelas kontrol 55.45 dan untuk uji hipotesisnya menggunakan independent sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai <0,005 sehingga Ho ditolak Artinya Ha diterima dengan demikian terdapat perbedaan yang sugnifikan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode bercerita dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas III SD Negeri 93 Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode bercerita pengalaman yang mengesankan terhadap keterampilan berbicra siswa kelas III SD Negeri 93 Palembang”.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAndri, RahmanNIDN8998800020
ContributorEvi, RosmiyatiNIDN0219087802
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:22
Last Modified: 19 Jul 2024 08:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item