Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TALANG UBI KABUPATEN PALI PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM

HARISON, SELLA (2022) BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TALANG UBI KABUPATEN PALI PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar belakang masalah model pembelajaran yang dilakukan secara konvensional dapat menyebabkan minimnya kemampuan berpikir kritis pada siswa sehingga berdampak pada kurangnya partisipasi siswa untuk aktif serta tertarik dalam mengikuti model pembelajaran problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan Problem based learning berbantuan video dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode peneliti menggunakan simple random, dengan Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan Tes, dokumentasi, serta teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data. Metode yang digunakan dalam ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil pembahasan data diperoleh melalui hasil tes. Dari hasil analisis data nilai menunjukan bahwa ada perbedaan hasil tas setelah diterapkan Belajar geografi dengan model problem based learning berbantuan video dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdistribusi nomal dan homogen serta perhitungan uji F dapat dibuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan asumsi t hitung > t tabel. Berdasarkan pengujian spekulasi diperoleh t-hitung sebesar 3,9 dan t-tabel sebesar 2,01 pada derajat kritis 5%. Kemudian, dapat kesimpulan bahwa nilai Ha lebih besar dari Ho artinya “ terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan video dan pengaruhnya terhadap ketermpilan berpikir kritis siswa di kelas XI SMAN 2 talang ubi kabupaten pali pada materi mitigasi bencana alam.” Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Media Video, Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWardiah, DessyUNSPECIFIED
ContributorRosita, LailiUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 30 Dec 2024 04:16
Last Modified: 30 Dec 2024 04:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item