Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 223 PALEMBANG

Putri, Hartini (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 223 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
3. COVER + Lembar Pengesahan .pdf

Download (301kB)
[img] Text
1. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (80kB)
[img] Text
5. BAB I (5).pdf

Download (420kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA (6).pdf

Download (487kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa dalam pengetahuan alam dan sosial (IPAS) dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan diferensiasi proses pada gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 223 Palembang pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, True Experimental Design dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu berjumlah 35 siswa, dari kelas V.A dan V.B. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sample t-tes diperoleh hasil nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai thitung>ttabel adalah 1,690 yang artinya berdasarkan pengujian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas V di SD Negeri 223 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSri, WahyuningsihNIDN0209126402
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:54
Last Modified: 09 Dec 2024 03:54
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item