Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengembangan Video Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas VII SMP

Dapa Rizki, Perdana (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas VII SMP. skripsi thesis, UNIV.PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. Cover depan + lembar pengesahan.pdf

Download (712kB)
[img] Text
a. Abstrak Bahasa Indonesia.docx

Download (19kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Video Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 50 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis data yang digunakan adalah Presentase Kevalidan yang dinilai oleh ketiga validator yaitu 2 dosen dan 1 guru mendapatkan skor sebesar 87,33% sehingga dikatergorikan sangat valid. Presentase kepraktisan setelah dilakukan uji coba kepada peserta didik memperoleh 80,3% dengan kriteria praktis. Berdasarkan Hasil tes belajar terdapat 17 dari 20 peserta didik yang dicapai ketuntasan ≥75 dengan presentase sebesar 85% sehingga dikategorikan sangat efektif. Kata Kunci: ADDIE, Video Pembelajaran, Operasi hitung bilangan, Kontekstual

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorOKTARIA, DINAUNSPECIFIED
CollaboratorMARGA RETTE, ALLENUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:23
Last Modified: 09 Dec 2024 03:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item