DELTA, FIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 74 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. cover + pengesahan2.pdf Download (237kB) |
|
Text
a. abstrak indonesia.pdf Download (115kB) |
|
Text
f. bab I.pdf Download (101kB) |
|
Text
k. daftar pustaka.pdf Download (42kB) |
Abstract
Model problem solving merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 74 Palembang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen True Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil perhitungan data analisis data diperolah nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 69,1 dan 79,8 untuk posttest kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan perolehan nilai signifikan sebesar 0,001 dengan nilai a = 0,05, sehingga 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2024 04:36 | |||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2024 04:36 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1736 |
Actions (login required)
View Item |